Tambah Pengetahuan

KUMPULAN KANDUNGAN ILMIAH DAUN-DAUN AJAIB (Daftar Daun)

Image
KUMPULAN KANDUNGAN ILMIAH (KIMIA) DAUN-DAUN AJAIB   Disini akan kami tampilkan beberapa daftar daun dengan kandungan ilmiah/kimianya (FITOKIMIA). Silahkan memilih yang hendak diketahui sahabat: 1. Tentang FITOKIMIA 2. KANDUNGAN ILMIAH DAUN PEPAYA 3. KANDUNGAN ILMIAH DAUN SALAM 4.  KANDUNGAN ILMIAH DAUN SIRSAK   5. KANDUNGAN ILMIAH DAUN SINGKONG --------------------------------------------------------- BERANDA (ketahui lebih dalam) Kandungan Ilmiah Daun-Daun Ajaib (Daftar Daun) Kandungan Ilmiah Buah-Buah Ajaib (Daftar Buah) Daftar Daun, Manfaat Ajaib dan Cara Tepat Meramunya Sebagai Obat Daftar Buah, Manfaat Ajaib dan Cara Tepat Meramunya Sebagai Obat Penyakit-Penyakit Ringan dan Cara Pengobatan Alami yang Tepat Penyakit-Penyakit Kronis dan Cara Pengobatan Alami yang Tepat Daun dan Buah Untuk Kecantikan

Kandungan Ilmiah Daun Singkong

TINJAUAN PUSTAKA

DAUN SINGKONG

(Manihot Utilissima / Manihot Esculenta)


Singkong merupakan tanaman dikotil berumah satu yang ditanam untuk diambil patinya.Singkong tumbuh setinggi 1-4 m dengan daun besar yang menjari 5 hingga 9 belahan lembar daun. Daunnya bertangkai panjang dan memiliki sifat cepat luruh yang berumur hanya beberapa bulan. Batangnya memiliki pola percabangan yang khas yang keragamannnya bergantung pada kultivar. Bentuk singkong kebanyakan berbentuk silinder dan meruncing. Beberapa diantaranya bercabang (Rubatzky, 1998). 

Daun singkong amat akrab di telinga sebagai salah satu lalapan yang menggiurkan lidah, atau dengan memasaknya dengan santan cair, yang biasa disebut sayur daun singkong. Selain daun singkong digemari karena rasanya yang nikmat, manfaat daun singkong sendiri tidak kalah luar biasa. Baca juga Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Dan Cara Tepat Meramunya



Daun Singkong


 1. KLASIFIKASI TANAMAN SINGKONG

Klasifikasi dari tumbuhan singkong adalah:

  • Kingdom      : Plantae
  • Divisi           : Spermatophyta
  • Sub Divisi    : Angiospermae
  • Kelas            : Dicotyledonae
  • Ordo             : Euphorbiales
  • Familia         : Euophorbiaceae
  • Genus           : Manihot
  • Spesies         : Manihot Utilissima (Tjitrosoepomo, 2005).

 2. KARAKTERISTIK DAUN SINGKONG

Karakteristik/morfologi dari daun singkong (cassava leavesumumnya berbentuk seperti tangan. Jumlah belahan helai daun pada satu tangkai berkisar antara 5-9 helai. Permukaan daun sebelah atas berwarna hijau tua atau muda dan sebelah bawah berwarna hijau kemerahan dengan panjang antara 5-30 cm (Sastrosoedirjo 1978).

 3. KANDUNGAN KIMIA DAUN SINGKONG

Komposisi kimia daun singkong/100 g bagian yang dapat dimakan mengandung beragam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya:

          Karbohidrat             : 7.1 g
          Protein                       : 6.2 g
          Lemak                        : 1.1 g
          Serat                           : 2.4 g
          Abu                              : 1.2 g
          Kalsium                     : 166 mg
          Fosfor                         : 99 mg
          Besi                             : 1.3 g
          Karoten total           : 7052 µg
          Vitamin A                  : 0 SI
          Vitamin B1               : 004 mg
          Vitamin C                  : 130.0 mg
          Air                                : 84.4 g

Daun singkong kaya akan protein dengan daya cerna 70-80% (tergantung varietas). Selain kandungan metionin, lisin dan mungkin isoleusin yang rendah, kualitas protein daun singkong tidak kalah dengan susu, keju, kedelai, ikan dan telur. Selain itu daun singkong juga kaya protein, karoten, vitamins B1, B2, dan C, serta mineral.

Senyawa antinutrisi yang membatasi penggunaan daun singkong adalah kandungan hidrogen sianida (HCN), tannin dan asam fitat. HCN dalam jumlah lebih dari 1 mg/kg bb per hari dapat menimbulkan gangguan kesehatan. HCN terbentuk dari senyawa glikosida sianogenik singkong yaitu linamarin dan lotaustralin.  Tetapi proses pengolahan dapat mengurangi kadar HCN yang terbentuk, seperti kombinasi pemotongan dan pengeringan dapat mengurangi tingkat HCN hingga level yang tidak berbahaya. Oleh karena itu proses pengolahan sangat penting untuk mengurangi bahaya HCN.

Klorofil pada daun singkong memiliki efek hipokolesterolemia pada percobaan dengan tikus. Daun singkong memiliki efek farmakologis sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah nafsu makan. Isolat protein pada daun singkong memiliki kemampuan mencegah antiagregasi platelet sehingga berpotensi mencegah penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Lebih lengkapnya silakan baca Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Dan Cara Tepat Meramunya


Demikian kandungan ilmiah atau kimia yang dimiliki daun Singkong. Silakan tinggalkan komentar jika ada pengalaman dan masukan yang lebih baik. Terima kasih untuk www.academia.edu dan www.gagaspertanian.com. Selamat mengetahui dan semoga bermanfaat kawan! :)





---------------------------------------------------------
BERANDA (ketahui lebih dalam)


Comments

  1. Terima kasih.infonya sangat membantu. sukses terus ya,... semangat terus untuk share tulisan yang bermanfaat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Manfaat Ajaib Daun Gempur Batu Untuk Kesehatan dan Cara Tepat Meramunya

Manfaat Ajaib Daun Keji Beling Untuk Kesehatan dan Cara Tepat Meramunya

KUMPULAN KANDUNGAN ILMIAH DAUN-DAUN AJAIB (Daftar Daun)

Kandungan Kimia Daun Pepaya

Kandungan Ilmiah Daun Sirsak

Kumpulan Daun Dengan Manfaat Ajaib dan Cara Tepat Meramunya Untuk Kesehatan

Kandungan Ilmiah Daun Kelor